Paket Keahlian Manajemen Perkantoran

Manajemen Perkantoran adalah salah satu Kompetensi Keahlian (Jurusan) yang mempelajari segala jenis kegiatan kantor. Mulai dari administrasi, pembukuan, pengarsipan, pengelolaan operasional hingga public relations. Mayoritas lulusannya bekerja di lingkungan perkantoran dengan peran diantaranya menjaga kelancaran operasional kantor sehari-hari termasuk bertindak sebagai perantara dari karyawan dan pimpinan perusahaan ataupun dengan pihak di luar kantor. Jurusan manajemen perkantoran mempersiapkan siswa agar siap bekerja di berbagai bidang administrasi perkantoran.

Materi yang Diajarkan :

  1. Administrasi Perkantoran: Dasar-dasar pengelolaan kantor, termasuk pengaturan jadwal, pengarsipan, dan pengelolaan dokumen.
  2. Korespondensi dan Komunikasi Bisnis: Menulis surat bisnis, email profesional, serta keterampilan komunikasi lisan dan tertulis untuk interaksi yang efektif di kantor.
  3. Layanan Pelanggan dan Public Relations: Keterampilan dalam memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, menangani keluhan, serta menjaga hubungan baik dengan klien dan publik.
  4. Pengelolaan Arsip dan Dokumen: Teknik penyimpanan dan pengarsipan dokumen secara manual maupun digital untuk memudahkan pencarian dan keamanan data.
  5. Aplikasi Perkantoran dan Teknologi: Penggunaan software perkantoran seperti Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint) dan aplikasi lain yang mendukung tugas-tugas administrasi.
  6. Pengelolaan Inventaris dan Logistik Kantor: Mengelola persediaan barang, alat tulis, dan peralatan kantor lainnya.

Peluang Kerja

Lulusan manajemen perkantoran dapat memilih melanjutkan studi , berwirausaha dan bekerja. Alumni manajemen perkantoran telah banyak bekerja sesuai kompetensi keahliannya diantaranya :

  1. Front Office / Receptionist Kantor
  2. Customer Services Kantor
  3. Staf pengarsipan dan dokumentasi
  4. Operator data entri
  5. Penataan dan pengelolaan surat atau dokumen
  6. Asisten Personal
  7. Staf logistic dan inventaris
  8. Staf humas
  9. Staf layanan kantor

Kerja Sama DU/DI

  1. ~

Prestasi Manajemen Perkantoran

  1. ~