Sertifikasi LSP Ruang Lingkup Usaha Perjalanan Wisata

KOMPETENSI KEAHLIAN USAHA LAYANAN WISATA
SKEMA SERTIFIKASI KLASTER PEMESANAN TEMPAT
NOKODE UNITJUDUL UNIT
1D2.TCC.CL1.01Melakukan kerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan
202.TCC.CL1.02Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda
3D2.TCC.CL1.04Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja
4D2.TCC.CL1.05Melakukan komunikasi secara efektif melalui telepon
5D2.TTC.CL1.07Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan industri pariwisata
602.TCC.CL1.09Melakukan prosedur administrasi
7D2.TCC.CL1.10Mencari dan mendapatkan data komputer
8D2.TCC.CL1.13Menggunakan alat bantu bisnis dan teknologi
9D2.TTA.CL2.14Mengoperasikan sistem informasi secara otomatis
10D2.TTG.CL3.10Membangun dan memelihara tempat kerja yang aman
11D2.TCC.CL1.11Melakukan komunikasi secara lisan dalam bahasa inggris pada tingkat operasi dasar
12D2.TTA.CL2.06Menerima dan memproses sistem penempahan (reservation system)
13D2.TTA.CL2.08Mengoperasikan sistem penempahan dengan menggunakan komputer (Computer Reservation System)
14D2.TTA.CL2.05Memproses dokumen perjalanan darat dan laut
KOMPETENSI KEAHLIAN USAHA LAYANAN WISATA
SKEMA SERTIFIKASI KLASTER PENGHITUNGAN TARIF PENERBANGAN
NOKODE UNITJUDUL UNIT
1D2.TCC.CL1.01Melakukan kerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan
202.TCC.CL1.02Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda
3D2.TCC.CL1.04Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja
4D2.TCC.CL1.05Melakukan komunikasi secara efektif melalui telepon
5D2.TTC.CL1.07Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan industri pariwisata
62.TCC.CL1.09Melakukan prosedur administrasi
7D2.TCC.CL1.10Mencari dan mendapatkan data komputer
8D2.TCC.CL1.13Menggunakan alat bantu bisnis dan teknologi
9D2.TTA.CL2.14Mengoperasikan sistem informasi secara otomatis
10D2.TTG.CL3.10Membangun dan memelihara tempat kerja yang aman
11D2.TCC.CL1.11Melakukan komunikasi secara lisan dalam bahasa inggris pada tingkat operasi dasar
12D2.TTA.CL2.06Menghitung harga dan menyiapkan tiket penerbangan dosmestik
13D2.TTA.CL2.08Menghitung dan menyiapkan tiket normal penerbana
14D2.TTA.CL2.05Memproses dokumen perjalanan darat dan laut
KOMPETENSI KEAHLIAN USAHA LAYANAN WISATA
SKEMA SERTIFIKASI KLASTER PENGHITUNGAN TARIF PENERBANGAN
NOKODE UNITJUDUL UNIT
1D2.TCC.CL1.01Melakukan kerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan
202.TCC.CL1.02Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda
3D2.TCC.CL1.04Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja
4D2.TCC.CL1.05Melakukan komunikasi secara efektif melalui telepon
5D2.TTC.CL1.07Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan industri pariwisata
62.TCC.CL1.09Melakukan prosedur administrasi
7D2.TCC.CL1.10Mencari dan mendapatkan data komputer
8D2.TCC.CL1.13Menggunakan alat bantu bisnis dan teknologi
9D2.TTA.CL2.14Mengoperasikan sistem informasi secara otomatis
10D2.TTG.CL3.10Membangun dan memelihara tempat kerja yang aman
11D2.TCC.CL1.11Melakukan komunikasi secara lisan dalam bahasa inggris pada tingkat operasi dasar
12D2.TTA.CL2.06Menghitung harga dan menyiapkan tiket penerbangan dosmestik
13D2.TTA.CL2.08Mnghitung dan menyiapkan tiket normal penerbangan internasional
14D2.TTA.CL2.05Memproses dokumen perjalanan darat dan laut
KOMPETENSI KEAHLIAN USAHA LAYANAN WISATA
SKEMA SERTIFIKASI KLASTER PERENCANAAN & OPERASIONAL PERJALANAN WISATA
NoKode UnitJudul Unit
102.TCC.CL 1.01Melakukan bekerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan
202.TCC.CL1.02Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda
302.TCC.CL1.04Mengikuti Prosedur kesehatan,keselamatan dan keamanan dalam bekerja
402.TCC.CL1.05Melakukan komunikasi  secara efektif melalui telepon
502.TTC.CL01.07Mengembangkan  dan memperbaharui pengetahuan industri Pariwsata
602.TCC.CL 1.09Melakukan prosedur Administrasi
7D2.TCC.CL1.10Mencari dan mendapatkan data komputer
802.TCC.CL 1.13Menggunakan alat bantu bisnis dan teknologi
9D2.TTA.CL2.14Mengoperasikan sistem informasi secara otomatis
10D2.TTG.CL3.10Membangun dan memelihara tempat kerja yang aman
11D2.TCC.CL1.11Melakukan  komunikasi secara lisan dalam bahasa inggris pada tingkat operasional dasar
12D2.TTA.CL2.01Mendapatkan dan menginterpretasikan informasi produk
13 D2.TTA.CL2.20Mencari dan menyediakan informasi dan saran mengenai daerah tuiuan wisata
14D2.TTA.CL2.04Mencatat dan mengkoordinasikan jasa pemasok
15D2.TTA.CL2.18Mencari dan mengemas paket produk wisata
KOMPETENSI KEAHLIAN USAHA LAYANAN WISATA
SKEMA SERTIFIKASI KLASTER PEMANDUAN WISATA
NOKODE UNITJUDUL UNIT
102.TCC.CL1.01Melakukan kerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan
202.TCC.CL1.02Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda
302.TCC.CL1.04Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja
402.TCC.CL1.05Melakukan komunikasi secara efektif melalui telepon
502.TTC.CL1.07Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan industri pariwisata
602.TCC.CL1.09Melakukan prosedur administrasi
7D2.TCC.CL1.10Mencari dan mendapatkan data komputer
802.TCC.CL1.11Melakukan komunikasi secara lisan dalam bahasa inggris pada tingkat operasional dasar
902.TCC.CL1.15Melakukan prosedur dasar pertolongan pertama
10D2.TTG.CL3.10Membangun dan memelihara tempat kerja yang aman
1102.TTG.CL3.01Bekerja sebagai pemandu wisata
1202.TTG.CL3.02Mengalokasikan sumberdaya pariwisata
1302.TTG.CL3.04Melakukan pmeriksaan pra-keberangkatan
1402.TTG.CL3.05Mengkoordinasikan dan mengoperasikan tour sehari