Sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan salah satu jenjang dan jalur pendidikan formal yang ada di Indonesia, peserta didik di smk diwajibkan mengikuti pendidikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yang ditujukan untuk pengembangan dan pembinaan pribadi peserta didik dalam menuju kesempatan untuk berkarier di dunia kerja / dunia industri, berwirausaha atau melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi. Oleh karena itu peserta didik perlu benar – benar memiliki persiapan yang baik untuk masuk ke smk.

     Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam menjalani pendidikan di smk, salah satunya adalah pemilihan progam studi / jurusan. Banyak sekali diantara calon peserta didik baru yang masuk ke sekolah menengah kejuruan yang belum didasarkan kepada peminatan peserta didik, pemilihan jurusan oleh peserta didik baru seringkali hanya asal-asalan saja, terkadang hanya mengikuti pilihan jurusan temanya atau yang penting asal masuk ke sekolah tersebut, hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang nanti akan di laksanakan ketika peserta didik sudah menjadi siswa di sekolah tersebut, peserta didik akan mengalami hambatan dan kesulitan dalam proses pembelajaran misal sulit belajar, tidak paham materi, tidak menguasai materi yang diberikan guru, kurang cocok antara jurusan yang dipilih dan minatnya, malas belajar dan banyak masalah lagi yang akan timbul di kemudian hari, untuk mencegah hal ini maka SMK Negeri 1 Magetan melaksanakan peminatan dan pemetaan untuk calon peserta didik baru.

     Peminatan dan pemetaan peserta didik merupakan suatu proses pengambilan pilihan dan keputusan oleh peserta didik dalam bidang keahlian, jurusan atau progam studi yang didasarkan atas pemahaman potensi diri dan peluang yang ada. Calon peserta didik baru harus menyadari bahwa dirinya memiliki kesempatan memilih jenis sekolah, jurusan, mata pelajaran, arah karir dan pilihan studi lanjut. Dalam layanan peminatan peserta didik di SMK Negeri 1 Magetan calon Peserta didik baru akan diberikan kesempatan, dibimbing dan didampingi untuk memilih progam studi atau jurusan sesuai dengan kemampuan dasar umum (kecerdasan), minat, bakat, potensi, cita-cita, prestasi, kondisifisik, keadaan & minat orang tua agar memilih jurusan yang sesuai dengan dirinya agar nanti dapat berhasil untuk melaksanakan pendidikan jenjang smk.

No comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>